Polresta Malang Kota Luncurkan Mobil INCAR demi Kurangi Interaksi dengan Pelanggar Lalu Lintas di Jalan

- Sabtu, 1 Januari 2022 | 10:11 WIB
Mobil Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR) yang akan mendeteksi pelanggar lalu lintas secara canggih.  (Polri)
Mobil Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR) yang akan mendeteksi pelanggar lalu lintas secara canggih. (Polri)


MALANG, AYOMALANG.COM -- Satlantas Polresta Malang Kota melaunching mobil Integrated Node Capture Attitude Record (INCAR).

Mobil INCAR dirancang meningkatkan pengawasan. Terutama kepada para pengguna kendaraan di wilayah Kota Malang.

Kasat Lantas Polresta Malang Kota AKP Yoppi Anggi Khrisna mengatakan bahwa penggunaan mobil patroli yang mengadopsi program INCAR ini memiliki tujuan khusus.

Baca Juga: Inovasi Aplikasi Panic Button On Hand–Jogo Malang Polresta Makota Masuk 15 Daftar Inovasi Publik Kemenpan RB

"INCAR ini tujuannya mengurangi interaksi antara anggota Kepolisian dengan masyarakat. Nanti akan ada patroli, Artificial Intelegence (AI) yang ada dalam sistem. Bisa membedakan para pengguna jalan yang patuh atau tidak," kata AKP Yoppi Anggi Khrisna sebagaimana dikutip AyoMalang.com dari jaringan SuaraMalang, Sabtu 1 Januari 2022.

AKP Yoppi Anggi Khrisna menjelaskan, sistem INCAR merupakan sistem kamera pengawas yang terpasang pada mobil patroli milik Satlantas Polresta Malang Kota. Mobil berpatroli di kawasan Kota Malang yang mebawahkan 5 kecamatan atau polsek jajaran Polresta Malang Kota.

Kasat Lantas Polres Malang Kota AKP Yoppi Anggi Khrisna . (Arief/memo)

Pada saat terjadi pelanggaran lalu lintas dan tertangkap kamera pada mobil bersistem INCAR, petugas tidak akan langsung melakukan penindakan para pelanggar lalu lintas.

"Tidak menghentikan pelanggar. Nanti otomatis akan dikirimkan surat tilang kepada pemilik STNK melalui pos atau jasa pengiriman lainnya," jelas AKP Yoppi Anggi Khrisna.

AKP Yoppi Anggi Khrisna menambahkan, selain meniadakan interaksi antara petugas Kepolisian dengan masyarakat yang kedapatan melanggar aturan lalu lintas, sistem INCAR akan melengkapi bukti pelanggaran berupa rekaman video atau foto.

Halaman:

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Sumber: suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Lepas Parade MotoGP di Jakarta

Rabu, 16 Maret 2022 | 11:38 WIB
X