The Last Dance Tandai Akhir Era Valentino Rossi, Pensiun dengan Antar Murid Juarai Seri Terakhir MotoGP 2021

- Senin, 15 November 2021 | 13:47 WIB
Valentino Rossi (Foto: twitter.com/@motogp)
Valentino Rossi (Foto: twitter.com/@motogp)

MALANG, AYOMALANG.COM -- Satu orang hebat melahirkan karya hebat, tetapi satu guru hebat melahirkan banyak orang hebat. Kalimat ini setidaknya memberikan sedikit gambaran sekelumit kisah akhir dari sebuah era seorang pembalap bernama Valentino Rossi.

The Doctor, begitu dia dijuluki, akhirnya memutuskan untuk menyudahi torehannya di ajang pacu kuda besi kelas teratas dengan menjalani “The Last Dance” atau lomba terakhirnya di MotoGP Valencia 2021 di Sirkuit Ricardo Tormo.

Nama Rossi yang terakhir memperkuat tim Petronas Yamaha SRT begitu besar di dunia balap kelas premier. Raihan 9 kali juara dunia di ajang balap motor berbagai kelas berbeda jadi salah satu alasannya.

Bahkan, banyak pihak yang menyebut namanya lebih besar dibanding MotoGP. Sering di berbagai seri MotoGP jumlah penggemar Rossi menjadi yang terbanyak dibanding fans pembalap lain, meski belakangan prestasinya meredup, tapi fans setianya tetap hadir menyaksikannya balapan. Ia terbukti sebagai sosok yang mampu mengangkat performa MotoGP jadi salah satu olahraga paling populer di dunia. Rossi tak terbantahkan adalah brand terkuat di MotoGP hingga saat ini.

Baca Juga: Para Pambalap Lain Ingin Beri Valentino Rossi Podium Terakhir, Ada yang Tak Setuju Kenapa?

Salah satu buktinya akun media sosial Instagam milik Rossi @Valeyellow46 memiliki 12,1 juta pengikut. Lebih banyak dibanding akun Instagram @MotoGP dengan 11,8 juta pengikut. Sementara, untuk akun Twitter @Valeyellow46 memiliki 5,556 juta pengikut sedangkan akun @MotoGP memiliki 2,918 juta pengikut.

Sayang ketika harus pensiun, dia harus meninggalkan lintasan tanpa catatan gemilang. Mahkota juara dunia MotoGP di musim terakhirnya membalap gagal direngkuhnya. Pembalap kelahiran 16 Februari 1979 itu duduk di posisi 18 klasmen akhir dengan 40 poin, tanpa sekalipun bisa menjejakkan kaki di podium.

Tetapi lebih daripada itu, pemilik sembilan kali gelar juara dunia, dari empat kelas berbeda ini telah sukses mewariskan kemampuannya menjadi yang tercepat di atas aspal pada para murid-murid hebatnya.

Baca Juga: Valentino Rossi Emosional di Balapan Terakhir MotoGP, Ada Permintaan The Doctor yang Ditolak Honda Apa itu?

Halaman:

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X