Hakim Itong Isnaeni Hidayat Pembebas 2 Bupati Terdakwa Korupsi di Lampung Kena OTT saat Dinas di PN Surabaya

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 15:12 WIB
KPK melakukan tangkap tangan atas dugaan suap di Pengadilan Negeri Surabaya    (FOTO : Twitter.com/KPK_RI)
KPK melakukan tangkap tangan atas dugaan suap di Pengadilan Negeri Surabaya (FOTO : Twitter.com/KPK_RI)

JAKARTA, AYOMALANG.COM -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan hakim Pengadilan Negeri Surabaya, Itong Isnaeni Hidayat (IIH), dan dua tersangka lainnya dalam kasus dugaan suap di Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur.

Dua lainnya adalah Panitera Pengganti Pengadilan Negeri Surabaya Hamdan (HD) dan kuasa hukum PT Soyu Giri Primedika (SGP) Hendro Kasiono (HK).

KPK melakukan operasi tangkap tangan pada Rabu, 19 Januari, di Surabaya. Setelah ditangkap, aparat juga menyita Rp140 juta dalam operasi sting.

"Untuk penyidikan lebih lanjut, KPK menahan tersangka yakni Hakim Pengadilan Negeri Surabaya Itong Isnaeni Hidayat (IIH) dan rekan-rekannya selama 20 hari pertama terhitung mulai 20 Januari 2022 hingga 8 Februari 2022," kata KPK. Wakil Ketua Badan, Nawawi Pomolango, dalam konferensi pers di kantornya di Jakarta, Jumat pagi, 21 Januari.

Baca Juga: Tragedi Truk Tronton Rem Blong Tabrak Puluhan Kendaraan di Simpang Muara Rapak Balikpapan Tewaskan Banyak Jiwa

Itong Isnaeni Hidayat (IIH), kata Nawawi, ditahan di Lapas C1 Lapas KPK, Jakarta, Hamdan (HD) di Lapas Polres Jakarta Timur, sedangkan Hendro Kasiono di Rutan Polres Jakarta Pusat.

Hakim Itong Isnaeni Hidayat sudah berada dalam tahanan ketika penyidik KPK terlihat tiba di gedung pengadilan pada dini hari, demikian konfirmasi Mahkamah Agung.

"Sekitar pukul 05.00 pagi tadi, tim KPK tiba di PN Surabaya dan terlihat Itong Isnaeni Hidayat berada di dalam mobil mereka," kata Juru Bicara Mahkamah Agung Andi Samsan Nganro.

Baca Juga: Viral! Wakil Ketua KPK: Kepala Desa yang Korupsi Tak Harus Dipenjara, Cukup Kembalikan Dana Saja Selesai Sudah

Halaman:

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Sumber: Youtube KompasTV

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X