Ini Bocoran dari Presiden Jokowi Terkait Kriteria Kepala Otorita Ibukota Negara Baru Nusantara

- Jumat, 21 Januari 2022 | 06:06 WIB
Ibukota Nusantara (Lingkar Kediri)
Ibukota Nusantara (Lingkar Kediri)

JAKARTA, AYOMALANG.COM -- Pemerintah dan DPR seusai mengesahkan Undang-Undang Ibukota Negara (IKN) baru, muncul nama-nama yang kemungkinan akan menjadi calon Kepala Otorita di Nusantara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap dua kriteria ini ada di calon pemimpin Ibukota Negara baru.

“Kalau saya pinginnya ada latar belakang arsitektur dan punya pengalaman sebagai kepala daerah,” ungkap Jokowi, saat bertemu dengan beberapa pemimpin redaksi media massa nasional di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 19 Januari 2022.

Turut mendampingi, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Wandy Tuturoong mengemukakan pemerintah akan merancang sebuah peraturan presiden khusus Badan Otorita IKN.

Baca Juga: Resmi ! Nama Ibu Kota Negara Baru yang Diumumkan Presiden Jokowi Adalah Nusantara

Salah satu poin utama dalam payung hukum tersebut adalah kriteria yang ditetapkan sebagai kepala Badan Otorita IKN. Namun hal ini masih dalam pembahasan.

“Yang paling ideal adalah yang memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang kepemimpinan membangun sebuah kota dengan segala kompleksitasnya. Itu jadi poin plus," kata Wandy dalam keterangannya Kamis 20 Januari 2022.

Wandy mengatakan pemilihan kepala Badan Otorita IKN akan tetap menjadi hak prerogatif Presiden Jokowi. Namun, pemerintah akan tetap menerima masukan dari masyarakat.

Selain kepala, nantinya Badan Otorita Ibu Kota Negara juga akan memiliki wakil kepala yang akan dilantik oleh Presiden. Sebagaimana dikutip AyoMalang.com melalui draf UU Ibukota Negara yang baru disahkan DPR.

Halaman:

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Sumber: Liputan6.com, cnbcindonesia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X