Pemerintah Tetapkan Harga Minyak Goreng Rp14.000 per Liter, Mendag Minta Masyarakat Tidak Memborong

- Rabu, 19 Januari 2022 | 17:28 WIB
Harga minyak goreng Rp14.000 per liter sementara berlaku di ritel modern anggota Aprindo. (Dwi Triantoro)
Harga minyak goreng Rp14.000 per liter sementara berlaku di ritel modern anggota Aprindo. (Dwi Triantoro)

JAKARTA, AYOMALANG.COM – Pemerintah  menetapkan  kebijakan  satu  harga  minyak  goreng dengan harga setara Rp14.000 per liter.

“Pemerintah terus berkomitmen  untuk  memenuhi  kebutuhan  pangan  masyarakat  dengan  harga  terjangkau. Kebijakan  Minyak  Goreng  Satu  Harga  Rp14.000 perliter salah satunya,” kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dalam siaran pers yang dikutip Ayomalang.com website https://www.kemendag.go.id pada Rabu 19 Januari 2022.

Lutfi mengatakan dengan ketetapan ini seluruh  minyak goreng,  baik  kemasan  premium  maupun  kemasan  sederhana  akan  dijual  dengan  harga  setara Rp14.000/liter untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga serta usaha mikro dan kecil.

Baca Juga: Bikin Pusing, Apa Sebab Naiknya Harga Minyak Goreng? Pedagang Sebut Sudah Tidak Wajar di DKI Tembus Rp 20 Ribu

Ilustrasi harga minyak goreng di pasar belum Rp14.000 per liter? (Ayobandung.com/Restu Nugraha)

“Langkah yang diambil pemerintah untuk menyergamkan harga minyak goreng ini terkait dengan tingginya  harga  minyak  goreng di pasaran selama ini, khususnya yang dipakai untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga serta usaha mikro dan kecil,” jelasnya.

Dengan kebijakan  ini, lanjutnya,  diharapkan masyarakat dapat memperoleh minyak goreng dengan harga terjangkau dan di sisi  lain produsen tidak dirugikan karena selisih harga akan diganti oleh Pemerintah.

Menurutnya di awal pelaksanaan penyediaan  minyak  goreng  dengan  satu  harga  akan  dilakukan  melalui ritel modern yang menjadi anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).

Selain itu, pemerintah juga akan memberlakukannya di pasar tradisional yang diberikan waktu selama satu minggu untuk melakukan penyesuaian.

Halaman:

Editor: Lucky Nur Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bak Kepingan Surga! Pesona Alam Kepulauan Gili!

Kamis, 30 Juni 2022 | 14:40 WIB
X