Erupsi Lagi, Gunung Semeru Semburkan Awan Panas ke Arah Tenggara Hingga Mencapai 4 Kilometer

- Rabu, 2 Maret 2022 | 21:05 WIB
Erupsi Lagi, Gunung Semeru Semburkan Awan Panas ke Arah Tenggara Hingga Mencapai 4 Kilometer
Erupsi Lagi, Gunung Semeru Semburkan Awan Panas ke Arah Tenggara Hingga Mencapai 4 Kilometer

AYOMALANG.COM - Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur dilaporkan mengalami erupsi lagi pada Rabu 2 Maret 2022 dini hari. Catatan data yang terekam untuk jarak luncuran awan panas guguran (APG) mencapai 4 kilometer dari kawah atau puncak gunung.

Fenomena erupsi Semeru ini berhasil terekam kamera pengawas atau CCTV dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang di area bukit padat, Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo.

Tidak hanya itu, awan panas juga terekam pada seismograf Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Sawur, Desa Sumberwuluh.

Saat dikonfirmasi, kalaksa BPBD Lumajang, Patria Dwi Hastiadi membenarkan jika telah terjadi erupsi Gunung Semeru, Rabu dini hari tadi.

Baca Juga: Minyak Goreng Mahal, PFI Malang Salurkan 792 Liter Migor Bantu Korban Erupsi Semeru di Candi Puro Lumajang

“Dengan amplitudo maksimal hingga dua puluh dua mili meter, selama sembilan ratus detik. Sekitar pukul 03.00 WIB dinihari tadi,” jelasnya seperti yang dilansir Ayomalang dari sauaramalang.id Rabu2 Maret 2022.

Jarak luncur awan panas dari gunung Semeru mencapai 4 kilometer mengarah Tenggara atau mengarah ke aliran sungai curah kobokan. Dibandingkan dengan kejadian awan panas tiga hari lalu, jarak luncur kali ini lebih jauh.

Namun sementara itu, BPBD belum menerima laporan dampak awan panas ini, dari masyarakat, maupun relawan.

Pada data hasil pengamatan enam jam terakhir oleh petugas PVMBG, gunung terbesar di Jawa  ini dilaporkan mengalami sembilan kali letusan. Satu kali awan panas, enam kali hembusan, dua kali tremor harmonik dan satu kali tektonik jauh.

Halaman:

Editor: Saiful Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X