5 Daftar Negara yang Tidak Gunakan Simbol LGBT di Piala Dunia 2022

- Selasa, 29 November 2022 | 20:16 WIB
Asal usul ban kapten One Love yang dilarang di Piala Dunia 2022 Qatar, karena diasosiasikan sebagai kampanye LGBT (istimewa)
Asal usul ban kapten One Love yang dilarang di Piala Dunia 2022 Qatar, karena diasosiasikan sebagai kampanye LGBT (istimewa)

AYOMALANG.COM -- 7 negara peserta Piala Dunia 2022 putuskan batal pakai ban kapten LGBT yang bertanda one love dan berwarna pelangi.

Qatar sebagai Negara yang mayoritas muslim dan sekaligus menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022, melarang keras adanya simbol-simbol LGBT pada Piala Dunia 2022.

Awalnya, beberapa kapten Timnas ingin menggunakan ban pelangi bertuliskan “One Love” pada lengan mereka.

Tujuannya untuk mengampanyekan keberpihakan dan kepeduliam mereka kepada kaum LGBT, yang didiskriminasikan saat Nazi Jerman di bawah Adolf Hitler.

FIFA sebagai Kesatuan Sepakbola dunia turut serta mendukung tuan rumah dan mendesak sejumlah negara peserta Piala Dunia 2022 tersebut untuk mengurungkan niatnya, memakai simbol LGBT.

Baik itu yang diungkapkan melalui pakaian, maskot, atribut ataupun isyarat.

FIFA telah menekankan dan mempertegas kepada Kapten Inggris, Wales, Belgia, Belanda, Swiss, Jerman dan Denmark untuk tidak mengenakan ban bertuliskan “One Love” pada Piala Dunia 2022.

Apabila ketahuan melanggar, FIFA tak segan-segan langsung memberikan kartu kuning kepada Timnas terkait.

Sebelumnya, Harry Kane bersikukuh bahwa kapten Timnas Inggris akan mengenakan ban pelangi. Tujuannya sebagai dukungan dan pesan anti-diskriminasi kepada komunitas LGBT, mengingat sejarah kelam komunitas LGBT di Jerman Raya.

Halaman:

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Tags

Terkini

X