Sejarah Arab Saudi Terulang Kembali, 7 Fakta Jerman Takluk dari Jepang 1-2 di Klasemen Grub E Piala Dunia 2022

- Kamis, 24 November 2022 | 21:47 WIB
Jerman dikalahkan jepang 1-2. Mimpi Buruk untuk Negara LGBT (Rebecca Asteria)
Jerman dikalahkan jepang 1-2. Mimpi Buruk untuk Negara LGBT (Rebecca Asteria)

AYOMALANG.COM- Timnas Jerman secara mengejutkan kalah dari Jepang pada pertandingan pertama Grup  E dalam Piala  Dunia 2022 Liga Pertama yang berlangsung di Stadion Internasional Khalifa, Rabu (23/11/2022) malam WIB, pukul 20.00 WIB dihajar habis-habisan dengan skor 1-2 dari Jepang.

Ini merupakan Kekalahan yang amat sangat di luar dugaan untuk Team Der Panzer. Kesempatan hanya datang 1x bagi Jerman, ketika Pasukan Hansi Flick membuka keunggulan terlebih dahulu melalui tendangan penalti Ilkay Guendogan pada menit ke-33. 

Disusul Jepang kemudian bangkit dan mencetak 2 gol pada babak kedua lewat aksi Ritsu Doan (75') dan Takuma Asano (83'). Dengan kemenangan ini, Samurai Biru (julukan timnas Jepang) menempati peringkat ke-2 klasemen Grup E Piala Dunia 2022 dengan catatan tiga point

Poin Jepang sebenarnya sama dengan Spanyol yang memuncaki klasemen. Namun, Spanyol berhak berada di posisi teratas karena unggul agresivitas gol. Dikarenakan, Spanyol Unggul 7 Gol dari Kostarika.

Jerman dan Kosta Rika berurutan menghuni peringkat ketiga dan keempat klasemen Grup E tanpa perolehan poin, walaupun Jerman mencetak 1 Gol dalam pertandingan saat menit ke 33 tersebut.

Berikut 6 fakta menarik pertandingan Jerman vs Jepang

  1. Jerman kalah pada laga Piala Dunia setelah mereka memimpin pada babak pertama untuk pertama kalinya sejak 1978 (kalah 2-3 dari Austria). Sebelum takluk dari Jepang, Jerman tak terkalahkan dalam 21 pertandingan. 
  2. Pertama kalinya dalam sejarah timnas Jerman kalah beruntun dalam 2 pertandingan pembuka mereka di Piala Dunia. Sebelumnya, Jerman kalah 0-1 pada laga pertama mereka di Piala Dunia 2018 (Dengan Meksiko). 
  3. Kemenangan pertama Jepang atas Jerman. Sebelumnya, Jepang kalah 0-3 dan bermain imbang 2-2 melawan Jerman pada laga persahabatan. 
  4. Jepang memenangi laga Piala Dunia untuk pertama kalinya setelah kebobolan lebih dulu.  Dalam situasi yang sama sebelumnya, Jepang mencatatkan 11 kekalahan dan 2x imbang. 
  5. Kiper Shuichi Gonda membuat delapan penyelamatan pada laga ini. Terbanyak bagi kiper Jepang setelah Yoshikatsu Kawaguchi melawan Brasil pada 2006 (10).
  6. Melalui Ritsu Doan dan Takuma Asano, Jepang menjadi tim pertama di mana dua pemain penggantinya mencetak gol dalam satu pertandingan Piala Dunia melawan Jerman. 

Demikian tadi fakta di balik Jerman kalah terhadap Jepang dalam laga pertama Grup E. Tim unggulan yang 21x memenangkan pertandingan di babak penyisihan pertama. Terkini harus kalah pada laga perdana saat fase grup (**)

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Tags

Terkini

X