3 Fakta Menarik Klasemen Piala Dunia 2022 Grub A, Belanda Susul Ekuador 3 Poin Bungkam Timnas Senegal

- Selasa, 22 November 2022 | 22:11 WIB
Belanda Susuk Ekuador Pasca Mengalahkan Senegal 3 Poin (Rebecca Asteria)
Belanda Susuk Ekuador Pasca Mengalahkan Senegal 3 Poin (Rebecca Asteria)

AYOMALANG.COM -- Timnas Belanda berhak menyusul Ekuador ke posisi dua besar klasemen Piala Dunia 2022 seusai memetik kemenangan pada laga pertama Grup A kontra Senegal.

Laga timnas Senegal vs Belanda dalam matchday pertama fase grup Piala Dunia 2022 berlangsung di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, pada Senin (21/11/2022) malam WIB. Timnas Belanda yang ditukangi pelatih berpengalaman, Louis van Gaal, mampu memenangi laga tersebut dengan skor 2-0 dari Senegal.

Setelah menunggu dengan lama, hingga akhirnya Sepasang gol dilepaskan oleh 2 pemain andalan Belanda, hingga berbuah manis beripa  kemenangan timnas Belanda, yang dicetak oleh Cody Gakpo (84') dan Davy Klaassen (90+9').

Debut Kemenangan ini sekaligus memperpanjang trek record bagus di awal pertandingan  yang dimiliki timnas Belanda saat melakoni laga pertama mereka di pentas Piala Dunia. Belanda tercatat belum pernah menelan kekalahan pada laga pertama putaran final Piala Dunia sejak edisi 1938 dengan rincian tujuh kemenangan dan dua hasil imbang.

Diektahui, Belanda juga sukses menjaga tren tak terkalahkan yang telah mereka ukir dalam 15 laga internasional terakhir sebelum Piala Dunia 2022. Namun rupanya, kondisi Team Belanda yang lelah harus menelan pil pahit, dikarenakan Belanda kali terakhir menelan kekalahan saat melawan Ceko di Euro 2020.

Hasil laga timnas Senegal vs Belanda turut memengaruhi persaingan di klasemen Piala Dunia 2022. Timnas Belanda kini menempati posisi dua besar klasemen Grup A Piala Dunia 2022 bersama Ekuador.

Belanda dan Ekuador sama-sama mengantongi tiga poin dari satu pertandingan.Skuad berjulukan La Tricolor (3 warna) itu mengalahkan Qatar dengan skor 2-0 berkat sepasang gol yang dibukukan sang kapten, Enner Valencia.

3 fakta menarik usai Belanda bungkam Senegal di Piala Dunia 2022 dirangkum AyoMalang.com dari berbagai sumber:

  1. Gol Davy Klassen pada menit ke-98:17 detik merupakan rekor gol terlarut--tidak termasuk perpanjangan waktu--di Piala Dunia sejak 1966 setelah gol Mehdi Taremi di menit 102:30 yang juga terjadi hari ini.
  2. Cody Gakpo mencetak gol dalam laga debutnya di Piala Dunia melalui sundulan. Satu gol sundulan itu setara dengan jumlah yang dia lesakkan di Eredivisie Belanda (1 gol sundulan dari 106 laga).
  3. Kemenangan atas Senegal menandai penampilan ke-50 Virgil van Dijk bersama Belanda dan yang pertama di turnamen mayor. Hanya Gejus van der Meulen yang memainkan lebih banyak pertandingan Oranje sebelum memulai debutnya di Piala Dunia atau EURO (54) daripada Van Dijk.

Pemaparan di atas adalah proses Timnas Belanda untuk mencetak gol terhadap Senegal, walaupun pencetakan gol tersebut baru timbul di menit-menit teakhir. Namun, sepanjang sejarah Belanda selalu lolos Liga 1. (**)

Halaman:

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Tags

Terkini

X