4 Cara FIFA Menghitung Peringkat Dunia Tim Nasional Masing-Masing Negara, Real Time Indonesia Naik 3 Setrip

- Rabu, 28 September 2022 | 09:39 WIB
Hasil Timnas Indonesia vs Curacao jilid dua (27/9), Rachmat Irianto dkk kembali menang atas Cuco Martina dan kawan-kawan. (Indosiar) (Youtube.com/@Indosiar)
Hasil Timnas Indonesia vs Curacao jilid dua (27/9), Rachmat Irianto dkk kembali menang atas Cuco Martina dan kawan-kawan. (Indosiar) (Youtube.com/@Indosiar)

 

AYOMALANG.COM -- Dua laga FIFA matchday baru dilakoni dua Timnas, Indonesia vs Curacao. Hasil dua laga di Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dan Stadion Pakansari Kabupaten Bogor itu dimenangkan Timnas Garuda 3-2 dan 2-1.

Walau berlabel laga persahabatan Indonesia vs Curacao, momen FIFA matchday terasa lebih berbobot dibanding pertandingan persahabatan di luar agenda ofisial FIFA. Apalagi yang termasuk turnamen resmi.

Atas dua kemenangan tersebut, tentu Indonesia mendapatkan penambahan poin yang mempengaruhi peringkat dunia FIFA. Sebelum menjamu Curacao, Indonesia berada di posisi 155 dan Curacao jauh di atasnya dengan berada di posisi 84.

Penambahan poin tersebut ternyata bukan hanya soal hasil pertandingan. Sebagaimana dikutip dari situs fifa.com, banyak parameter perhitungan poin untuk menentukan posisi sebuah negara dalam FIFA ranking. Antara lain:

Baca Juga: Berapa Peringkat FIFA Timnas Setelah Unggul Tipis pada Pertemuan Perdana Indonesia vs Curacao? Masih Ada Leg 2

1. Hasil pertandingan

Tentu hasil pertandingan akan berpengaruh besar pada poin FIFA ranking. Dalam perhitungannya, hasil kemenangan akan dihitung 1, imbang 0,5 dan kalah 0. Artinya, hasil menang dan kalah tidak memiliki banyak pengaruh pada hasil FIFA ranking.


2. Pertimbangan lain seperti adu penalti dan babak knock out

Jika sebuah pertandingan ditentukan dari adu penalti, maka laga akan dianggap sebagai imbang bagi tim yang kalah dan setengah menang bagi tim yang menang. Poin menang dari adu penalti hanya akan 0,75, berbeda dari kemenangan yang dihitung 1 dari laga 90 menit.

Halaman:

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Sumber: fifa.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X