Bukan Tes VO2 Max Melainkan Tes Kinetik, Ini Alasan Pelatih Javier Roca Terhadap Skuad Arema FC Jeda Kompetisi

- Rabu, 28 September 2022 | 11:56 WIB
Javier Roca juga ikut berlatih di lapangan bersama Arema FC. (Foto: aremafcofficial/Instagram)
Javier Roca juga ikut berlatih di lapangan bersama Arema FC. (Foto: aremafcofficial/Instagram)

 

AYOMALANG.COM -- Pelatih Javier Roca menempuh langkah berbeda dari kebanyakan pelatih di Liga Indonesia saat jeda dua pekan kompetisi.

Javier Roca memperlakukan skuad Arema FC dengan tes kinetik yang momennya bersamaan dengan FIFA matchday selama jeda kompetisi.

Yang dilakukan tim berjuluk Singo Edan terbilang cukup menarik. Karena biasanya klub Liga 1 lebih cenderung melakukan tes VO2 Max kepada pemain.

Pelatih kelahiran Santiago, Cile itu mengatakan bahwa tes VO2 Max tidak tepat jika digelar di tengah musim. Sebab, tes itu membutuhkan waktu.

Dan hasilnya tidak akan maksimal ketika para pemain dalam situasi sedang berkompetisi. "Tes VO2 Max butuh dua hari. Sebelum tes butuh rest, setelah test juga butuh rest," ungkap Roca.

Baca Juga: 8 Sikap Ini Demi Jaga Iklim Malang Tetap Kondusif Jelang Derby Jatim: Arema FC vs Persebaya Surabaya Pekan 11

"Bukan rest tidak latihan, tetapi latihannya ringan untuk kita dapat hasil maksimal. Kalau di tengah jalan susah," lanjutnya sebagaimana dikutip AyoMalang.com dari laman operator kompetisi ligaindonesiabaru.com pada 28 September 2022.

Sedangkan tes kinetik dilakukan untuk mengukur kekuatan otot, kadar lemak, dan beberapa kriteria lain. Tes ini tidak butuh waktu lama.

Halaman:

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Sumber: ligaindonesiabaru.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X