Sejarah Hari Gizi Nasional Sejak 1960 Dicetuskan Dokter Kelahiran Malang Ini Populer Jargon 4 Sehat 5 Sempurna

- Rabu, 25 Januari 2023 | 07:05 WIB
Tema Peringatan Hari Gizi Nasional 2023 dan Cara Memperingati pada Rabu 25 Januari 2023. (Tangkap layar laman resmi Kemenkes RI)
Tema Peringatan Hari Gizi Nasional 2023 dan Cara Memperingati pada Rabu 25 Januari 2023. (Tangkap layar laman resmi Kemenkes RI)

AYOMALANG.COM -- Siapa ingat dan hafal dengan jargon empat sehat lima sempurna? Pengertian makanan 4 sehat 5 sempurna antara lain makanan pokok, lauk pauk, sayuran, buah, dan susu.

Membicarakan kampanye ini erat kaitannya dengan Hari Gizi Nasional. Dan tak terasa Hari Gizi Nasional 2023 merupakan tahun ke-63 sejak 1960 yang diperingati setiap tanggal 25 Januari.

Hari Gizi Nasional (HGN) ke-63 diperingati pada Rabu 25 Januari 2023. Tahun ini HGN mengusung tema 'Protein Hewani Cegah Stunting'. Masyarakat dapat melakukan sejumlah kegiatan untuk memperingati HGN ke-63.

Baca Juga: Mimpi Kuat Ala Lionel Messi? Begini Rahasia Pola Makannya, Malah Sampai Sewa Pengawas Ahli Gizi dari Italia

Sebagaimana dikutip AyoMalang.com dari Media Briefing Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjelaskan, bahwa peringatan HGN ke-63 bertujuan meningkatkan komitmen dan kerja sama.

Yakni antara pemerintah baik sektor kesehatan maupun non kesehatan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, serta swasta dalam rangka percepatan penurunan stunting. Kemudian menyebarluaskan informasi.

Juga promosi kepada masyarakat tentang pentingnya protein hewani dalam rangka mencegah stunting. Selain itu, HGN ke-63 juga diharapkan dapat meningkatkan peran semua pihak dalam kampanye percepatan penurunan stunting.


I. Sejarah Hari Gizi Nasional di Indonesia

Dikompilasi dari laman Sehat Negeriku, cikal-bakal peringatan HGN mulai muncul pada 1950. Menteri Kesehatan era Orde Lama kala itu, Johannes Leimena, menunjuk Prof Poorwo Soedarmo sebagai kepala Lembaga Makanan Rakyat (LMR).

Halaman:

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Sumber: Kemenkes.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X