4 Kronologi Foto Presiden Jokowi Trending di Keyword Google ” Monyet Jas Hujan Hijau”, Begini Tanggapan Google

- Selasa, 22 November 2022 | 21:32 WIB
Viral! Keyword Google Monyet Jas Hujan Hijau keluar Foto Presiden Jokowi (Rebecca Asteria)
Viral! Keyword Google Monyet Jas Hujan Hijau keluar Foto Presiden Jokowi (Rebecca Asteria)

AYOMALANG.COM -- Kata kunci pencarian “Monyet Pakai Jas Hujan Hijau” di Mesin Pencarian Google atau yang kita kenal dengan istilah Keyword generator, sedang menjadi trending topic  di media sosial.

Alasannya adalah, dalam pencarian tersebut ternyata yang muncul adalah foto Presiden Joko Widodo yang mengenakan jas hujan berwarna hijau dengan ukuran yang pas di badan Presiden Jokowi.

Memang benar adanya, foto yang muncul di laman Google tersebut adalah foto resmi dari Sekretariat Kabinet, ketika Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di Desa Harkat Jaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 7 Januari 2022 lalu, saat itu Pak Jokowi kenakan Jas Hujan Hijau pemberian warga.

Foto tersebut diunggah sebagai pelengkap artikel resmi Sekretariat Kabinet dalam websitenya setkab.go.id, dan diberi judul “Saat Presiden Jokowi Kenakan Jas Hujan Pemberian Warga di Sukajaya, Bogor”, bukan Monyet Jas Hujan Hijau, “ungkap Sekretariat Kabinet Kepresidenan"

4 Kronologi Kata kunci Pencarian Google “Monyet Pakai Jas Hujan Hijau” muncul Wajah Presiden Jokowi?

  1. Saat Kunjungan Kerja di Lokasi longsor di desa tersebut tiba-tiba hujan turun. Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang bertugas di dekat Jokowi ternyata sedang tidak memegang payung, sehingga untuk beberapa saat hujan sempat membasahi tubuh Presiden.
  2. Seorang warga memberikan jas hujan berwarna hijau kepada Presiden, yang langsung dipakai oleh Presiden Jokowi.
  3. Ukuran Jas hujan tersebut pas di Badan Presiden Jokowi hingga Presiden mengenakannya jas hujan pemberian warga saat tinjauan lokasi bencana di Desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya, Bogor.
  4. Foto Jokowi kenakan Jas Hujan tersebut dijadikan pelengkap artikel resmi Sekretariat Kabinet dalam websitenya setkab.go.id, dan diberi judul “Saat Presiden Jokowi Kenakan Jas Hujan Pemberian Warga di Sukajaya, Bogor”

Tanggapan Google terkait Monyet Jas Hujan Hijau Yang dikaitkan dengan Foto Jokowi

Google memberi penjelasan bahwa: hal tersebut tidak ada kaitannya, ini merupakan algoritma Google yang mendeteksi kata kunci jas hujan.

Kemudian, apabila foto monyet memakai jas hujan tidak ada, Google akan merekomendasikan gambar lain yang memiliki kata kunci ‘jas hujan’.

Nah, itulah mengapa kata kunci tersebut muncul foto Presiden Jokowi yang kebetulan saat itu memang sedang banyak diperbincangkan dan viral.

Hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi dari pihak Istana menanggapi pencarian kata kunci viral tersebut ataupun siapakah orang yang dengan sengaja membuat kericuhan dengan memberikan kata “kunci Monyet Jas Hujan Hijau” (**)

Halaman:

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Tags

Terkini

X