Lowongan 278 Ribu Petugas Ad Hoc PPK dan PPS Dibuka KPU RI, Cek Kualifikasi, Dokumen, dan Waktu Detailnya

- Kamis, 17 November 2022 | 16:17 WIB
Kabar Gembira! KPU Belu Buka Pendaftaran PPK dan PPS untuk Pemilu 2024, Ini Waktu dan Syarat Penting (Tangkapan layar @kpukabbogor)
Kabar Gembira! KPU Belu Buka Pendaftaran PPK dan PPS untuk Pemilu 2024, Ini Waktu dan Syarat Penting (Tangkapan layar @kpukabbogor)

 

AYOMALANG.COM -- Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia punya hajat besar. Terutama menyongsong pesta demokrasi Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden pada 14 Februari 2024

Komisi Pemilihan Umum RI melansir akan merekrut Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2024 sebagaimana lansiran Kamis 17 November 2022.

Jumlah PPK dan PPS yang hendak direkrut sekitar 278 ribuan personel. Terdapat sejumlah syarat untuk menjadi petugas badan ad hoc pemilu yang tertuang sebagaimana dikutip AyoMalang.com dari Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2022.


I. Kualifikasi Pelamar :

1. Warga negara Indonesia
2. Berusia paling rendah 17 tahun. Batas usia maksimal tidak ada
3. Setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, UUD Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945
4. Mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil
5. Tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah, atau sekurang-kurangnya dalam waktu 5 tahun tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik yang bersangkutan
6. Berdomisili dalam wilayah kerja PPK dan PPS
7. Mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika
8. Berpendidikan paling rendah SMA atau sederajat
9. Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih.


II. Dokumen Pelamar :

1. Surat pendaftaran sebagai calon PPK atau PPS
2. Foto copy KTP elektronik
3. Ijazah pendidikan terakhir yang sudah dilegalisir
4. Daftar riwayat hidup
5. Pas foto
6. Surat pernyataan sudah memenuhi syarat-syarat
7. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani yang dikeluarkan oleh rumah sakit atau puskesmas atau klinik. Surat keterangan sehat itu harus memuat informasi soal tekanan darah, kadar kolesterol, dan kadar gula darah.


III. Cara Melamar :

Halaman:

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Sumber: kpu.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BTN Sukseskan Kawasan Bakauheni Harbour City

Sabtu, 3 Desember 2022 | 12:59 WIB
X