Mengapa tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan? Ini Sejarah Singkatnya

- Selasa, 8 November 2022 | 11:31 WIB
Ilustrasi sejarah Hari Pahlawan 10 November (nu online)
Ilustrasi sejarah Hari Pahlawan 10 November (nu online)

AYOMALANG.COM -- Mengapa setiap tanggal 10 November diperingati sebagai hari Pahlawan?

Berikut sejarah singkatnya agar Anda mengetahui ada apa di balik penetapan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan.

Tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran di Surabaya yang merupakan pertempuran besar antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Inggris.

Baca Juga: Link Download Logo Hari Pahlawan 2022 Beserta Makna dan Filosofi Logo Hari Pahlawan 2022

Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Setelah gencatan senjata antara pihak Indonesia dan pihak tentara Inggris ditandatangani tanggal 29 Oktober 1945, keadaan berangsur-angsur mereda. Walaupun begitu tetap saja terjadi bentrokan-bentrokan bersenjata antara rakyat dan tentara Inggris di Surabaya.

Bentrokan-bentrokan tersebut memuncak dengan terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby (Pimpinan Tentara Inggris untuk Jawa Timur) pada 30 Oktober 1945.

Kematian Jendral Mallaby ini menyebabkan pihak Inggris marah kepada pihak Indonesia dan berakibat pada keputusan pengganti Mallaby yaitu Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh mengeluarkan Ultimatum 10 November 1945 yang meminta pihak Indonesia menyerahkan persenjataan dan menghentikan perlawanan pada tentara AFNEI dan administrasi NICA serta ancaman akan menggempur kota Surabaya dari darat, laut, dan udara apabila orang orang Indonesia tidak mentaati perintah Inggris.

Baca Juga: Contoh Susunan Upacara Hari Pahlawan 10 November 2022 di Sekolah dan Lembaga Pemerintah

Halaman:

Editor: Hari Istiawan

Sumber: kemensos.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X