Najwa Shihab Sering Kritisi Sepak Bola Nasional, Begini Pesan Kritis dan Duka Mendalam atas Tragedi Kanjuruhan

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 13:48 WIB
Pasca Tragedi Stadion Kanjuruhan, Najwa Shihab: Tidak Ada Evaluasi Jika Hanya Menyalahkan  (Kolase Instagram.com@Najwashihab / Twitter.com @akmalmarhali)
Pasca Tragedi Stadion Kanjuruhan, Najwa Shihab: Tidak Ada Evaluasi Jika Hanya Menyalahkan (Kolase Instagram.com@Najwashihab / Twitter.com @akmalmarhali)

 

AYOMALANG.COM -- Sabtu 1 Oktober 2022 menjadi duka mendalam bagi Indonesia. Setelah melewati momen Hari Kesaktian Pancasila, tragedi kemanusiaan mewarnai setelah laga Arema FC vs Persebaya Surabaya.

Pertandingan derby Jawa Timur Liga 1 Arema FC vs Persebaya Surabaya berlangsung mulai pukul 20.00 WIB di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang meninggalkan duka mendalam akibat ratusan korban meninggal.

Tragedi Kanjuruhan pun menjadi sorotan publik figur. Bukan hanya pejabat tinggi, wartawan yang juga presenter Najwa Shihab pun larut dalam sorotan dunia internasionaitu.

Najwa Shihab menuliskan pesan kritis melalui Instagram pribadinya. "Satu nyawa pun sudah terlalu banyak, sudah amat sangat banyak. APALAGI INI. Evaluasi, evaluasi, evaluasi. Klise? Jelas klise kalau evaluasinya cuma di permukaan."

Baca Juga: Terselip Nama Bayi Usia 2 Tahun Diduga Korban Tragedi Stadion Kanjuruhan Kepanjen pasca Arema FC vs Persebaya

"Apalagi kalau direaksi hanya dengan liga berhenti sesaat… lalu berlanjut seperti sedia kala, seakan semuanya baik-baik saja, hanya karena sudah mengeluarkan sanksi, sanksi, dan sanksi," tulis Najwa Shihab.

"Tidak ada evaluasi jika responsnya hanya menyalahkan dan menghukum mereka yang paling rentan, sama sekali tidak menyentuh mereka yang punya kewenangan, dan berakhir hanya dengan semata ucapan belasungkawa," tambah Najwa Shihab yang sering dipanggil Mbak Nana tersebut.

Putri tokoh Agama Quraish Shihab itu menambahkan, "Ratusan nyawa yang hilang ini tragedi luar biasa besar. Ini bukan lagi tragedi bagi sepakbola Indonesia, ini sudah tragedi bagi bangsa Indonesia. Langkah-langkah luar biasa mutlak dilakukan oleh semua otoritas tertinggi di negeri ini untuk menghukum yang bersalah, merombak yang memang harus dirombak."

Halaman:

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Sumber: Instagram @najwashihab

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X