Detik-detik Pesawat TNI AL Jatuh di APBS yang Berisikan Dua Pengawak Berawal dari Latihan Anti Serangan Udara

- Rabu, 7 September 2022 | 15:42 WIB
Tangkapan flightradar24 pesawat TNI AL G-36 Bonanza T-2503 setelah take off dari Lanudal Juanda hingga hilang di Alur Pelayaran Barat Surabaya. (Tangkap layar flightradar24)
Tangkapan flightradar24 pesawat TNI AL G-36 Bonanza T-2503 setelah take off dari Lanudal Juanda hingga hilang di Alur Pelayaran Barat Surabaya. (Tangkap layar flightradar24)

AYOMALANG.COM -- Pesawat TNI AL yang jatuh dan hilang di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) pada sepekan pertama September 2022 masih dalam pencarian.

Adapun lokasi jatuhnya pesawat TNI AL jenis G-36 Bonanza T-2503 yang hilang berdasarkan radar penerbangan sebelum jatuh berada di atas udara Selat Madura .

Sebagaimana siaran pers diterima AyoMalang.com, pesawat TNI AL yang jatuh pada Rabu 7 September 2022 bermula dari latihan anti serangan udara.

Detik-detik jatuhnya pesawat latih Bonanza diungkap oleh Kepala Dinas Penerangan Koarmada II Kolonel Laut (P) Asep Aryansyah.

Baca Juga: 6 Pesawat Puspenerbal Bermanuver Menegangkan dalam Navy Jazz Traffic Festival di Langit Villa Navy Residence

Kronologi jatuhnya pesawat Bonanza T-2503 terjadi saat konvoi berbagai kapal perang Republik Indonesia (KRI).

Dalam hal ini pesawat latih Bonanza T-2503 berperan sebagai penyerang. "Pesawat tersebut mengalami kecelakaan saat melaksanakan latihan dengan KRI-KRI di jajaran Koarmada II," jelas Asep.

Pesawat mengalami kecelakaan saat Konvoi KRI melaksanakan latihan anti serangan udara (air defense exercise). Pukul 08.45 Bonanza terbang dari Bandara Juanda, Surabaya.

Namun, setelah 10 menit lepas landas pesawat mengalami hilang kontak. Sementara sebanyak dua awak pesawat berada di dalamnya.

Halaman:

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Sumber: Dispen Koarmada II

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BTN Sukseskan Kawasan Bakauheni Harbour City

Sabtu, 3 Desember 2022 | 12:59 WIB
X