Pemerintah Tunda Penerapan Tarif Rp 3,75 Juta Tahun Depan , Masuk Taman Nasional Komodo dan Pulau Padar Normal

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 13:26 WIB
Tiket Masuk Ke Kawasan Pulau Komodo Rp. 3.75 Juta Akan Berlaku Pada Januari 2023 (Instagram @btn_komodo)
Tiket Masuk Ke Kawasan Pulau Komodo Rp. 3.75 Juta Akan Berlaku Pada Januari 2023 (Instagram @btn_komodo)

AYOMALANG.COM—Pemerintah menunda penerapan tarif masuk sebesar Rp 3,75 juta ke kawasan Pulau Komodo dan Pulau Padar, Nusa Tenggara Timur (NTT), ditunda hingga 1 Januari 2023.


"Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur memberikan dispensasi selama lima bulan ke depan atau tetap berlaku tarif lama masuk Pulau Komodo maupun Pulau Padar.

Pemberlakuan tarif baru sebesar Rp 3,75 juta mulai berlaku pada 1 Januari 2023," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur, Zeth Sony Libing, dikutip dari Antara, Senin (8/8/2022).

Baca Juga: Lokasi Alternatif Berwisata Melihat Komodo Dengan Tarif Normal, Coba Kunjungi 2 Pulau Ini!


Saat ini masuk diberlakukan tarif masuk normal, wisatawan domestik masih dapat mengunjungi Taman Nasional Pulau Komodo dengan harga tiket Rp5.000 per orang, sdangkan pada hari Minggu atau hari libur nasional lainnya mulai dari Rp 7.500.


Harga tiket masuk Taman Nasional Komodo untuk warga negara asing (WNA) pada hari Senin-Sabtu mulai dari Rp 150.000 per orang. Pada hari Minggu atau libur nasional harganya menjadi mulai dari Rp 225.000 per orang.


Hal senada juga disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memastikan bahwa kenaikan tarif masuk Pulau Komodo dan Pulau Padar senilai Rp 3,75 juta akan ditunda hingga akhir tahun 2022 dan berlaku mulai Januari 2023.

Ini merupakan saran dari Presiden Jokowi dan masukkan dari sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh agama di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk pemberian dispensasi.


Sebelum diberlakukannya tarif baru, dia menyebut, Pemerintah NTT akan lebih mempersiapkan berbagai fasilitas dan infrastruktur di kawasan wisata Pulau Komodo dan Pulau Padar tersebut.

Halaman:

Editor: Saiful Anwar

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X