Revisi Magnitudo Gempa Terkini Bantul, DIY dari M 6,6 Menjadi M 6,4, Berikut Rekomendasi BMKG

- Jumat, 30 Juni 2023 | 21:35 WIB
Gempa 6,4 Magnitudo Guncang Bantul Yogyakarta, Terasa ke Kota Tasikmalaya dan Sukabumi Jawa Barat (screenshot BMKG)
Gempa 6,4 Magnitudo Guncang Bantul Yogyakarta, Terasa ke Kota Tasikmalaya dan Sukabumi Jawa Barat (screenshot BMKG)

AYOMALANG.COM -- Gempa terkini Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang dipantau Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ternyata kekuatan Magnitudonya lebih kecil dari yang dirilis pertama.

Gempa terkini Bantul, DIY pada tanggal pemungkas bulan ini, Jumat 30 Juni 2023, sebagaimana dirilis oleh Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika terjadi sekitar pukul 19:57:43 WIB.

"Gempa Mag:6.6, 30-Jun-2023 19:57:41WIB, Lok:8.70LS, 110.06BT (94 km BaratDaya BANTUL-DIY), Kedlmn:12 Km #BMKG," sebagaimana AyoMalang.com kutip dari cuitan akun Twitter @infoBMKG pada 30 Juni 2023.

Baca Juga: Revisi Magnitudo Gempa Terkini Malang dari M 4,5 Jadi M 4,7, Begini Rekomendasi BMKG Stasiun Geofisika Malang

"Disclaimer:Informasi ini mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data," lanjut caption dalam cuitan tersebut.

Alhasil beberapa saat kemudian muncul revisi yang menyebut kekuatan Magnitudo menjadi 6,4 dengan harak 86 kilometer Bantul.

Artinya kekuatan menurun Magnitudo 0,2 dengan jarak dari 94 kilometer menjadi 86 kilometer atau lebih mendekat 8 kilometer.

Baca Juga: Doa Gempa saat Melanda Bumi Tempat Tinggal Masing-masing Ini Dibagikan Gus Karim, Guru Ngaji Presiden Jokowi

Dalam keterangan di akun Twitter BMKG, disebutkan jika gempa tidak berpotensi tsunami. Hingga berita ini ditulis belum diketahui terkait kerusakan bangunan.

Adapun kekuatan gempa dirasakan dalam Skala MMI terhitung meluas dari enam wilayah menjadi 23. Antara lain, IV Tulungagung, IV Nganjuk, IV Kebumen, IV Ponorogo, dan IV Pacitan.

Kemudian, IV Trenggalek, III - IV Karangkates, dan III - IV Klaten, III - IV Kediri, III - IV Kulonprogo, III - IV Wonogiri, III Banjarnegara, III Purbalingga, III Purwokerto, dan III Mojokerto

Baca Juga: Breaking News! Gempa Magnitudo 6,6 Pusat Bantul DIY, Guncangan Terasa Sampai ke Kota di Jatim, Termasuk Malang

Kemudian III Pacitan, III Gresik, III Malang, III Salatiga, III Jepara, II - III Lumajang, II - III Ngawi, dan II - III Blora. Adapun waktu pemutakhiran 30 Juni 2023 pukul 20:56:48 WIB.

Berikut ini antisipasi gempa tentang apa yang harus dilakukan sebelum, sesaat, dan setelah gempa masih dari lansiran resmi BMKG

Halaman:

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Sumber: bmkg.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X