Heboh Transaksi Mencurigakan Rp300 Triliun di Kemenkeu, Kini Isunya Seolah Dikubur, Sri Mulyani Tak Jelas

- Jumat, 17 Maret 2023 | 07:16 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani  (instagram  @smindrawati)
Menteri Keuangan Sri Mulyani (instagram @smindrawati)

AYOMALANG.COM -- Belakangan ini heboh disorot transaksi mencurigakan di Kementerian Keuangan senilai Rp 300 triliun.

Angka transaksi dengan jumlah mencengangkan itu awalnya diungkap oleh Mahfud MD,Menko Politik Hukum dan Keamanan, dan kemudian menjadi sorotan publik.

Sebagai Ketua Tim Penggerak Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), ia menelusuri dan melakukan penyelidikan atas transaksi-transaksi tak wajar tersebut.

Belum diketahui apakah transaksi mencurigakan ini terkait dengan Rafael Alun Trisambodo yang belakangan diketahui memiliki mutasi sebesar Rp 500 miliar.

Baca Juga: Berapa Sebenarnya Rekaat Sholat Tarawih? Berikut Penjelasannya

Mahfud MD juga sedang mendalami temuan 69 pegawai yang diduga melanggar hukum dengan melakukan pencucian uang.

"Kemarin ada 69 orang dengan nilai hanya tidak sampai triliunan, hanya ratusan miliar. Sekarang hari ini sudah ditemukan lagi kira-kira Rp300 triliun itu, harus dilacak," ucap Mahfud setelah menerima laporan terbaru dari PPATK pada Rabu (8/3/2023).

Namun tiba-tiba, ada klaim bahwa misteri transaksi mencurigakan tersebut telah terpecahkan dan selesai. Hal ini juga dikritik oleh banyak pihak di luar Kemenkeu.

Tak hanya Mahfud MD yang mempertanyakan transaksi mencurigakan senilai Rp 300 triliun di Kementerian Keuangan.

Baca Juga: Beberapa Negara yang Akan Memulai Puasa Ramadan Pada Kamis 23 Maret 2023

PPATK juga menemukan adanya dugaan pencucian uang di Kementerian Keuangan antara tahun 2009 dan 2023, yang melibatkan 477 pegawai Kementerian Keuangan.

Seperti dikutip Suara.com, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku kerap mendapat surat laporan dari PPATK sebanyak 196 dari 2009 hingga 2023.

Namun, ia mengklaim sudah merespon seluruh laporan dan dan tidak ditemukan adanya laporan transaksi senilai Rp 300 triliun.

Kemudian, Mahfud MD dan Sri Mulyani bertemu dan membahas transaksi mencurigakan tersebut seperti disiarkan di kanal YouTube Kementerian Keuangan, pada Rabu (15/3/23).

Halaman:

Editor: Ekarista Rahmawati Putri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X