Gunung Semeru Tertinggi di Jawa 3676 MDPL bersama Gunung Arjuno, Masuk Deretan 9 Gunung Tertinggi di Indonesia

- Minggu, 4 Desember 2022 | 18:32 WIB
Puncak Tertinggi Jawa atau Seven Summit of Java, Salah Satunya Gunung Semeru Jawa Timur.
Puncak Tertinggi Jawa atau Seven Summit of Java, Salah Satunya Gunung Semeru Jawa Timur.

AYOMALANG.COM -– Erupsi Gunung Semeru mengingatkan deretan gunung-gunung tinggi di Indonesia. Selain gunung tertinggi di Jawa Timur, gunung yang masuk dalam dataran tinggi Bromo Tengger Semeru itu dikenal mempunyai keindahan alam.

Bahkan dari Sabang sampai Merauke deretan wisata alam seperti gunung jumlahnya tak terhingga. Yang jelas wisata pegunungan tersebut, termasuk erupsi Gunung Semeru, menawarkan sensasi yang dapat membuat adrenalin pendaki gunung terpacu saat mendaki sampai puncaknya. 

Pada kesempatan ini, erupsi Gunung Semeru membuat fenomena di mana saja gunung-gunung tertinggi di Indonesia tersebar. Bahkan salah satunya ada gunung wajib bagi penakluk tujuh puncak tertinggi di dunia (seven summit in the world).

Baca Juga: Mitologi Jawa Tentang Legenda Gunung Semeru Sebagaimana dalam Kitab Tantu Pangelaran, Pindahan dari India

Berikut sembilan deretan gunung tertinggi di Indonesia mulai dari bawah sebagaimana AyoMalang.com kompilasi dari berbagai referensi:


1. Gunung Arjuno (3.339 meter di atas permukaan laut)

Terkadang dieja Gunung Arjuna adalah sebuah gunung berapi kerucut (istirahat) di Jawa Timur. Gunung Arjuno secara administratif terletak di perbatasan tiga kabupaten/kota.

Antara lain, Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Gunung ini merupakan gunung tertinggi kedua di Jatim setelah Gunung Semeru.

Serta menjadi yang tertinggi keempat di Pulau Jawa Setelah Gunung Slamet dan Gunung Sumbing (dua-duanya di Jawa Tengah). Berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Halaman:

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X