UMP di Jawa Timur Bakal Naik 23 Ribu? Surabaya Ternyata Masih Tertinggi, Daerah Lain Gimana?

- Sabtu, 19 November 2022 | 13:27 WIB
UMP di Jawa Timur Akan Naik 23 Ribu? Surabaya Ternyata Masih Tertinggi, Daerah Lain Gimana? (Pixabay)
UMP di Jawa Timur Akan Naik 23 Ribu? Surabaya Ternyata Masih Tertinggi, Daerah Lain Gimana? (Pixabay)

AYOMALANG.COM - Berikut informasi terbaru seputar UMP di Jawa Timur, terbaru Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur (Jatim) menyatakan bahwa UMP (Upah Minimum Provinsi) di Jatim 2023 akan naik 0,53 persen atau sekitar Rp23 ribu.

Perubahan kenaikan UMP di Jatim 2023 ini berpedoman pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 18 Tahun 2022 tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2023 yang ditandatangani Ida Fauziyah Menteri Ketenagakerjaan RI pada 16 November 2022.

 

Untuk perhitungan ini akan menggunakan rumus formula Upah Minimum, seperti yang tercantum pada Pasal 6 Permenaker 18 Tahun 2022 dengan rincian sebagai berikut: UM(t+1) = UM(t) + (Penyesuaian Nilai UM x UM(t)).

UM(t+1) merupakan Upah Minimum yang akan ditetapkan, dan UM(t) adalah Upah Minimum Tahun Berjalan, serta Penyesuaian Nilai UM adalah Penyesuaian Upah Minimum yang merupakan penjumlahan antara inflasi dengan perkalian pertumbuhan ekonomi dan α (alpha).

Dengan perhitungan ini, diperkirakan UMP di Jawa Timur pada 2023 akan naik luar biasa daripada sebelumnya.

Baca Juga: UPDATE Daftar UMK Jawa Timur 2023 Terbaru, 5 Wilayah Berikut Paling Besar, Malang Termasuk?

Bahkan, dengan formula Permenaker Nomor 18 Tahun 2022 ini daerah dengan UMK (Upah Minimum Kabupaten/Kota) bakal bisa menyamai UMP Jatim, seperti Kab. Lumajang, Kab. Sumenep, Kab. Bondowoso, Kota Madiun, Kab. Blitar, Kab. Nganjuk, Kab. Ngawi, Kab. Pacitan, Kab. Madiun, Kab. Bangkalan, Kab. Magetan, Ponorogo, Situbondo, Trenggalek, Kab. Pamekasan dan Kab. Sampang.

Jika kedepan daerah-daerah ini UMK-nya akan menyerupai UMP Jatim, hal itu akan menutupi disparitas antara Ring 1 dengan wilayah lainnya.

Halaman:

Editor: Saiful Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X