Wasapda!! Australia Mendeteksi Virus Hendra Dikabarkan Lebih Ganas dan Mematikan

- Jumat, 27 Mei 2022 | 06:40 WIB
Wasapda!! Australia Mendeteksi Virus Hendra Dikabarkan Lebih Ganas dan Mematikan
Wasapda!! Australia Mendeteksi Virus Hendra Dikabarkan Lebih Ganas dan Mematikan

AYOMALANG.COM-- Baru saja dunia kesehatan reda dari Covid-19, datang kekhawatiran dengan munculnya cacar monyet dan ancaman baru dari virus Hendra kembali muncul.

Virus Hendra merupakan virus RNA, single strain, dan termasuk dalam kelompok Paramyxoviridae, subfamili Paramyxovirinae.

Dari hasil penelitian, virus Hendra (Hev) tersebut bisa menular ke kuda dan manusia.

Baca Juga: Jadwal Laga Penentu Timnas U23 Kontra Australia Kualifikasi Piala Asia 2022

virus yang diduga berasal dari Australia ini dapat menular dari inang alami flying fox (kelelawar dari genus Pteropus) ke hewan lain dan ke manusia (zoonosis).

Berdasarkan hasil penelitian dari Griffith University Australia, varian virus Hendra baru telah ditemukan.

Adapun penularan virus Hendra ke manusia bisa saja terjadi setelah terpapar cairan dan jaringan tubuh atau kotoran kuda yang terinfeksi virus.

Seperti dikutip ayomalang.com dari pikiran-rakyat.com Jumat, (27/5/22) bahwa varian baru tersebut terdeteksi dalam urine rubah terbang berkepala hitam dan abu-abu yang menyebar di wilayah federal New South Wales hingga Queensland, Australia.

Varian virus Hendra baru itu baru-baru ini ditemukan pada sampel kuda yang mati pada 2015 karena mengalami sakit

“Studi kami, mengungkapkan asosiasi dengan spesies rubah terbang tertentu, membantu mengidentifikasi distribusi varian virus Hendra pada hewan-hewan tersebut dan risiko penyebaran ke kuda dan kemudian manusia," kata pemimpin peneliti Dr Alison Peel dari Pusat Kesehatan Planet dan Keamanan Pangan.

Halaman:

Editor: Ach Zaini Khusyairi

Tags

Terkini

X