5 Mahasiswa Lintas Program Universitas Brawijaya Bikin Inovasi Cangkang Kerang Jadi Detergen Ramah Lingkungan

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 09:59 WIB
Lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) berhasil menciptakan produk inovatif berupa detergen ramah lingkungan.
Lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) berhasil menciptakan produk inovatif berupa detergen ramah lingkungan.

 

AYOMALANG.COM -- Inovasi kali ini menjadi potensi banyak kalangan. Dari cangkang kerang mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang ini mengubahnya menjadi detergen ramah lingkungan.

Tim pembuat detergen ramah lingkungan UB Malang mengklaim produk inovatif bernama 'TemanBumi' punya formulasi 9in1. Yaitu untuk mengatasi permasalahan mencuci pakaian.

'TemanBumi' dirumuskan dan diaksi oleh sejumlah mahasiswa UB yang tergabung dalam tim Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang kewirausahaan. Mereka yang meraih pendanaan PKM 8 bidang Tahun 2022 dari Ditjen Diktiristek melalui Belmawa.

Baca Juga: 62 Inovasi Masuk Kompetisi 2021, Wali Kota Malang Sutiaji: 2022, Tumbuhkan Budaya One Agency One Innovation

"Nama ini dipilih sebagai bentuk kepedulian untuk menjaga bumi layaknya jalinan pertemanan," ungkap Roofi Cahyaningtyas, anggota tim pembuat detergen tersebut sebagaimana siaran diterima di Malang, Rabu 17 Agustus 2022.

Selain Roofi Cahyaningtyas, tim terdiri dari Mayza Nur Sabilla, Tarisa Putri Lukiyanto (Budidaya Perairan), Aldi Surya Alamsyah (Teknologi Hasil Perikanan), dan Muhammad Nazri Adlani (Fisika).

"Ide pembuatan detergen 'TemanBumi' ini bermula karena menjamurnya usaha laundry di daerah yang terdapat kos-kosan dan kontrakan yang menyebabkan meningkatnya permintaan detergen di pasaran,” beber Roofi.

Dia menjelaskan akibat berkembangnya usaha laundry ini, banyak pelaku usaha yang langsung membuang limbah detergen ke badan air. Sehingga menyebabkan pencemaran lingkungan.

Halaman:

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X