Dalil Keutamaan Memulai Belajar Menuntut Ilmu Pada Hari Rabu dan Penjelasannya

- Rabu, 25 Januari 2023 | 05:08 WIB
Ilustrasi Wednesday, Dalil Keutamaan Memulai Belajar Menuntut Ilmu Pada Hari Rabu dan Penjelasannya
Ilustrasi Wednesday, Dalil Keutamaan Memulai Belajar Menuntut Ilmu Pada Hari Rabu dan Penjelasannya

 

 

AYOMALANG.COM -- Hari Rabu merupakan hari yang tepat untuk memulai menuntut ilmu. Ini sebagaimana Imam Az-Zarnuzi dalam kitabnya Ta'Limul, Mutallim menceritakan, bahwa gurunya Syekh Al-Imam Burhanudin Rahimahullah menetapkan Rabu untuk memulai belajar.

Imam Az-Zarnuzi telah meriwayatkan sebuah hadits dan menjadikannya sebagai dasar bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: "Tiada sesuatu yang dimulai pada hari Rabu, melainkan akan menjadi sempurna."

Dan seperti ini pula yang biasa dikerjakan oleh Abu Hanifah rahimahullah. Dia juga meriwayatkan hadis di atas dengan sanadnya dari guru Syekh Al-Imam Qiwamuddin Ahmad bin Abdur Rasyid rahimahullah.

Bahwa Syekh Al-Imam Yusuf Al Hamdani rahimahullah juga mendapatkan Semua amalan baik pada hari Rabu. Dan ini ada riwayatnya. Karena pada hari Rabu itu Allah menciptakan cahaya, dan hari itu merupakan hari Isilah bagi orang kafir.

Baca Juga: Harapan Dunia Merupakan Angan-angan Kosong, Nabi Muhammad SAW: Surga dan Akhirat Satu-satunya yang Diharapkan

Sehingga hari itu menjadi diberkahi bagi orang mukmin. Abu Hanifah rahihamullah meriwayatkan dari Syekh Al-Qadi Al-Imam Umar bin Abu Bakar Az-Zaranjariyah rahimamullah bahwa ia berkata.

"Guru-guru kami mengatakan. Sebaiknya standar bagi orang yang baru mulai belajar adalah sekira ia mampu memahami pelajaran dengan mengulangi dua kali."

Halaman:

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X