2 Alasan Allah Meminta Muslimah untuk Menutup Aurat Sebagaimana Surat Al-Ahzab di Ayat Ini

- Selasa, 29 November 2022 | 11:12 WIB
Surat Al-Ahzab Ayat 59 Arab dan Terjemahan: Ayat tentang Perintah Menutup Aurat bagi Perempuan. (Freepik/Rawpixel)
Surat Al-Ahzab Ayat 59 Arab dan Terjemahan: Ayat tentang Perintah Menutup Aurat bagi Perempuan. (Freepik/Rawpixel)

 

AYOMALANG.COM -- Perempuan adalah makhluk yang Allah ciptakan setara dengan peran istimewa sebagaimana halnya laki-laki. Secara fitrah, perempuan erat dengan kecenderungan memelihara diri, penampilan, dan berusaha menjaga kehormatan dirinya.

Berkaitan dengan fitrah uniknya itu, Allah menurunkan syariat yang mendukung hal tersebut. Di antara usaha syariat untuk menjaga kehormatan kaum perempuan adalah meminta mereka menutup aurat. Di antaranya memakai jilbab atau semacam penutup lain.

Allah berfirman:

يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِّاَزْوَاجِكَ وَبَنٰتِكَ وَنِسَاۤءِ الْمُؤْمِنِيْنَ يُدْنِيْنَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيْبِهِنَّۗ ذٰلِكَ اَدْنٰىٓ اَنْ يُّعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَۗ وَكَانَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا

"Wahai Nabi (Muhammad SAW), katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin supaya mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali sehingga mereka tidak diganggu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Al-Ahzab [33]: 59).

Baca Juga: Sama Pentingnya Antara Belajar Adab dengan Belajar Ilmu, Berikut Kisahnya Nabi Muhammad SAW

Sahabat Abdullah bin Abbas RA menjelaskan makna jilbab sebagai pakaian perempuan yang menutupi wajah dari kepala dan hanya memperlihatkan bagian mata.

Dalam riwayat lainnya, Ibnu Abbas memaknai mengulurkan jilbab dengan kain yang menutupi hingga dahi. Berdasarkan fungsinya, jilbab adalah pakaian yang berguna untuk menutup aurat perempuan.

Halaman:

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Sumber: kesan.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X