Hukum dan Kajian Islam Menurut Kiai Muhammad Hamdi: Tertidur Sesaat Ketika Jam Khutbah Jumat, Sahkah Shalatnya

- Senin, 28 November 2022 | 14:56 WIB
Ilustrasi tertidur saat khutbah sholat Jumat (PikiranRakyat)
Ilustrasi tertidur saat khutbah sholat Jumat (PikiranRakyat)

AYOMALANG.COM -- Salah satu kewajiban per pekan buat umat muslim setiap Jumat adalah sholat Jumat. Dalam keadaan lelah pada siang hari dapat saja orang tertidur pada jam ibadah tersebut.

Seperti yang ditanyakan oleh Sanjaya, (bukan nama sebenarnya), " Jika seorang jamaah mengantuk, lalu ketiduran saat khutbah Jumat, apakah ini berpengaruh kepada keabsahan shalat Jumatnya?"

Berikut ini jawaban Kiai Muhammad Hamdi sebagaimana lansiran kesan.id pada Senin 28 November 2022. Ulama sepakat bahwa khutbah merupakan salah satu syarat sahnya shalat Jumat.

Baca Juga: Begini Hukum dan Dalil Membaca Quran Surat Yasin untuk Orang yang Telah Meninggal

Hal ini berdasarkan firman Allah:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. (QS. Al-Jumu’ah [62]: 9)

Zikrillah (mengingat Allah) yang dimaksud dalam ayat di atas adalah khutbah. Selain itu, Nabi Muhammad SAW senantiasa melaksanakan shalat Jumat dengan diawali dua khutbah. Sahabat Ibnu Umar RA meriwayatkan:

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْطُبُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ قَائِمًا ثُمَّ يَجْلِسُ ثُمَّ يَقُومُ

Halaman:

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Sumber: kesan.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X