Sikap ‘Aneh’ Ulama Imam Malik bin Anas Kala Era Nabi Muhammad SAW dan Hadis

- Minggu, 20 November 2022 | 15:29 WIB
Ilustasi mengenal imam Malik, pencetus kajian hukum hadits.
Ilustasi mengenal imam Malik, pencetus kajian hukum hadits.

 

AYOMALANG.COM -- Imam Malik bin Anas adalah seorang ulama dari kalangan tabi' tabi’in (generasi setelah tabi’in), yang terkenal dengan kitab hadisnya Al-Muwatha.

Selain dikenal dengan ulama hadis, Imam Malik bin Anas juga terkenal dengan ulama fiqih. Mazhab fiqihnya, sampai sekarang masih lestari menjadi pedoman oleh banyak kaum muslimin.

Semasa hidup, Imam Malik bin Anas terkenal pula akan pengagungannya terhadap Nabi Muhammad SAW dan hadisnya. Dikisahkan, jika nama Rasulullah SAW disebutkan di hadapan Imam Malik, maka raut wajahnya berubah kemudian kepalanya menunduk.

Hal itu sampai-sampai membuat orang-orang yang di sekelilingnya kesusahan. Imam Malik suatu ketika pernah ditanya mengenai sikapnya yang berbeda tersebut.

Baca Juga: Meraih Ridha Allah dalam Berbakti Kepada Orang Tua, Begini Menyikapi Jika Orang Tua yang Mempersekutukan Tuhan

Dia menjawab, “Aku pernah menemui Muhammad bin Al-Munkadir, ia adalah ahli qira’at. Setiap kali kami bertanya kepadanya tentang hadis, ia selalu menangis hingga kami merasa kasihan padanya.”

Ternyata, bukan saja saat disebutkan nama Rasulullah SAW, Imam Malik mengubah sikapnya, tapi juga saat dia meriwayatkan hadis.

Disebutkannya duduk meriwayatkan hadis, maka beliau berwudhu dan duduk di tengah tempat duduknya, menyisir jenggotnya dan duduk dengan berwibawa juga terhormat.

Halaman:

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Sumber: kesan.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X