Makna Surat Al Kautsar Turun Saat Nabi Muhammad SAW Berduka Kehilangan Anak, Begini versi Prof Quraish Shihab

- Rabu, 21 September 2022 | 06:09 WIB
Prof Quraish Shihab dan Najwa Shihab. (YouTube Najwa Shihab)
Prof Quraish Shihab dan Najwa Shihab. (YouTube Najwa Shihab)

 

AYOMALANG.COM -- Setiap surat dalam Al Quran memiliki makna dan keistimewaan. Seperti kandungan dalam Surat Al Kautsar yang berati memberikan banyak hal.

Penjelasan ini sebagaimana dikatan Pendiri Pusat Studi Al Qur’an (PSQ) Profesor Muhammad Quraish Shihab. Dia memaknai Surat Al Kautsar secara khusus dengan banyak keturunan.

Keturunan itu, kata Prof Quraish Shihab dapat dikaitkan dengan anak perempuan, bisa dikaitkan dengan anak lelaki. Apalagi, Surat Al Kautsar turun ketika Nabi Muhammad SAW sedang berduka.

“Surat ini diturunkan ketika Nabi Muhammad SAW kehilangan putranya. Banyak ucapan yang menyatakan bahwa Muhammad telah terputus keturunannya,” sebagaimana dikutip dari video yang diunggah kanal YouTube Najwa Shihab pada 20 September 2022.

Baca Juga: Khodam Quran Surat Al Ikhlas Diyakini di 2 Kata Ini, Kalau dapat Mengamalkan, Allah Kabulkan Segala Keinginan

Terlepas dari peristiwa tersebut, Prof Quraish Shihab menilai makna dan keistimewaan surat terpendek dalam Al Quran tersebut. Meski surat terpendek, menurutnya, Surat Al Kautsar punya makna besar.

“Itu (Al-Kautsar) yang paling pendek dalam Al Qur’an, itu (Al-Kautsar) hanya terdiri dari 3 ayat. Tiga ayatnya, satu ayat huruf-hurufnya sangat terbatas,” ucap mufasir pendidikan Universitas Al Azhar Kairo, Mesir itu. “Jadi satu ayat bisa lebih berarti dari 10 ayat, asal dihayati,” lanjutnya.

Diterangkan, Surat Al-Kautsar bertujuan untuk mengajak umat Islam memberikan penghormatan sebesar-besarnya kepada Nabi Muhammad SAW. Memberikan penghormatan kepada Nabi SAW sebagai Nabi dan juga menghormati Rasulullah sebagai manusia.

“Ada non-muslim yang menghormati Rasulullah, yang pada dasarnya umat non-muslim tidak percaya dengan Nabi. Namun mereka menghormati Rasulullah sebagai manusia,” terang Prof Quraish.

Halaman:

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Sumber: YouTube Najwa Shibab

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X