5 Keutamaan Hari Senin Apa Saja? Begini Penjelasan Kajian Islam Dimulainya Aktivitas Kerja sampai Surga Dibuka

- Senin, 19 September 2022 | 09:43 WIB
Ilustrasi hari Senin (Pixabay)
Ilustrasi hari Senin (Pixabay)

AYOMALANG.COM -- Senin atau dalam bahasa arab 'Isnaini' merupakan hari kedua dalam kalender Islam setelah Ahad atau Minggu. Namun berbeda dengan kalender masehi merupakan hari pertama waktunya memulai aktivitas sekolah dan bekerja setiap pekannya.

Kembali melakukan rutinitas setelah melalui istirahat pada akhir pekan. Bahkan sejumlah instansi atau lembaga menetapkan libur rutin per tujuh hari yakni pada hari Sabtu dan ahad atau Minggu.

Meskipun banyak yang malas memulai aktivitas di hari Senin, nyatanya ada banyak keutamaan hari Senin dalam Islam yang bisa kalian dapatkan. Ini sebagaimana dikompilasi AyoMalang.com dari berbagai referensi:

1. Hari Kelahiran dan Hijrah Nabi Muhammad SAW

Banyak peristiwa yang dialami Rasulullah Saw terjadi pada hari Senin. Dalam hadis riwayat Ahmad, Ibnu Abbas berkata:

“Nabi Saw dilahirkan pada hari Senin, diangkat menjadi nabi pada hari Senin, meninggal dunia pada hari Senin, keluar untuk hijrah ke Madinah pada hari Senin, sampai di Madinah pada hari Senin, dan mengangkat Hajar Aswad pada hari Senin.

2. Amal Perbuatan Manusia Diperlihatkan

Salah satu keistimewaan hari Senin adalah pada hari itu amal perbuatan diperlihatkan kepada Allah SWT. Sehingga Rasulullah Saw pun membiasakan puasa pada Senin dan Kamis.

Karena beliau suka apabila amal perbuatannya diperlihatkan saat sedang berpuasa.
Dalam hadis riwayat Ahmad, Qudamah bin Madz’un pernah bertanya kepada Usamah bin Zaid

Halaman:

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X