7 Hal yang Dapat Membuat Kewajiban Mandi Besar Malah Tidak Sah

- Kamis, 15 September 2022 | 22:45 WIB
Ilustrasi mandi besar tidak diwajibkan keramas berbeda bagi perempuan setelah haid atau nifas, dan 7 hal yang bisa membuat mandi wajib tidak sah. (Freepik)
Ilustrasi mandi besar tidak diwajibkan keramas berbeda bagi perempuan setelah haid atau nifas, dan 7 hal yang bisa membuat mandi wajib tidak sah. (Freepik)

 

AYOMALANG.COM -- Kewajiban mandi besar merupakan rutinitas mandi yang dilakukan untuk menghilangkan najis berat atau hadast besar. Terdapat sebab-sebab yang mengharuskan untuk melakukan mandi wajib.

Seperti selesai menstruasi, selesai berhubungan suami-istri, mengeluarkan air mani, melahirkan dan orang yang meninggal.

Melakukan mandi wajib haruslah dilakukan secara benar dan sah. Kewajiban ini memang harus dilakukan ketika kita hendak menjalankan ibadah yang mewajibkan diri dalam keadaan suci.

Baca Juga: 6 Kejadian atau Tindakan Ini Mewajibkan Mandi Besar, Baik Sebelum Menikah Apalagi Setelah Menikah

Namun seringkali abai terhadap hal yang dianggap remeh dalam mandi wajib. Sebagaimana dikutip AyoMalang.com dari video yang diunggah kanal YouTube NS BOR Channel, terdapat sejumlah hal yang membuat mandi wajib tidak sah. 

Allah juga memerintahkan umat muslim untuk melakukan mandi wajib dalam keadaan junub. Allah SWT berfirman: “Dan jika kamu junub, maka mandilah,” (QS Al Maidah:6).

Terdapat tujuh hal yang dapat mandi wajib menjadi batal alias tidak sah. Berikut penjelasannya:


1. Tidak melakukan mandi wajib secara benar

Halaman:

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Sumber: YouTube NS BOR Channel

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X