7 Cara Menjaga Fitrah Anak berdasarkan Perbedaan Jenisnya dalam Islam

- Jumat, 1 Juli 2022 | 13:34 WIB
ilustrasi orang tua yang sedang mendidik anak laki-laki dan perempuan untuk menjaga fitrah anak berdasarkan perbedaan jenisnya dalam Islam (freepik.com @brgfx)
ilustrasi orang tua yang sedang mendidik anak laki-laki dan perempuan untuk menjaga fitrah anak berdasarkan perbedaan jenisnya dalam Islam (freepik.com @brgfx)

AYOMALANG.COM -- Mendidik anak supaya bisa memahami dan menjaga fitrahnya berkaitan dengan perbedaan jenisnya (laki-laki atau perempuan) merupakan hal penting.

Dalam Islam, pendidikan ini sudah mulai dikenalkan sejak kanak-kanak. Hal ini penting dalam rangka menjaga (iffah) dan mengarahkan fitrah perbedaan jenis anak sejak dini.

Dengan cara ini bisa membangun orientasi yang benar ketika sudah dewasa nanti. Selain dalam rangka menjaga fitrah tersbeut.

Pendidikan yang dimaksud juga berfungsi untuk menjaga keselematan diri dari berbagai bentuk kekerasan seksual yang rentan menimpa anak-anak.

Baca Juga: 5 Penyebab Anak Tidak Percaya Diri, Tanpa Sadar Nomor 1 Sering Dilakukan Orang Tua

Sebagaimana dikutip AyoMalang.com dalam postingan yang diunggah akun Instagram @talkparenting, pada Jumat 1 Juli 2022, berikut 7 cara menjaga fitrah anak berdasarkan perbedaan jenis dalam Islam.

1. Memisahkan tempat tidur anak laki-laki dengan anak perempuan

Tempat tidur yang bersamaan bagi anak-anak yang telah memasuki fase baligh sangat memungkinkan mereka mengalami sentuhan anggota tubuh yang tidak layak.

Menimbulkan rangsangan, bahkan mungkin terjadi hubungan yang tidak benar menurut syarait.

Halaman:

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Sumber: Instagram@talkparenting

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X