Perhatikan! Jelang Idul Adha, Inilah Keutamaan dari Ibadah Kurban

- Selasa, 21 Juni 2022 | 17:45 WIB
Ilustrasi hewan kurban melengkapi artikel keutamaan Ibadah Kurban jelang Idul Adha (Kolase Pixabay @Sasint @Wiethase)
Ilustrasi hewan kurban melengkapi artikel keutamaan Ibadah Kurban jelang Idul Adha (Kolase Pixabay @Sasint @Wiethase)

AYOMALANG.COM -- Idul Adha adalah bagian dari hari raya Islam. Pada hari ini diperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim, yang bersedia mengurbankan putranya, Ismail sebagai bentuk ketaatan kepada Allah.

Berkat keimanan, ketakwaan, terhadap Allah serta kepatuhan dan kerelaan Ibrahim dan Ismail dalam melaksanakan perintah ini, maka akhirnya Allah mengganti Ismail dengan seekor kambing kibas untuk dikurbankan.

Kurban adalah hewan yang disembelih pada hari Idul Adha sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah. Allah berfirman, “Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah.” (QS. Al-Kautsar:2)

Baca Juga: 8 Sunah Idul Adha, Salah Satunya Menyembelih Hewan Kurban Terbaik Kata Adi Hidayat

Perintah untuk berkurban langsung Allah sampaikan lewat Surah Al-Kautsar, kurban sebagai bentuk ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah. Selain itu, kurban sebagai bentuk pengorbanan seseorang terhadap harta bendanya.

Sebagaimana AyoMalang rangkum dari berbagai referensi, kurban memiliki banyak keutamaan. Berikut penjelasannya:

1. Bagian dari Syiar Allah Ta’ala

Allah menyampaikan hal ini dalam firman-Nya.

“Dan unta-unta itu Kami jadikan untukmu bagian dari syiar agama Allah, kamu banyak memperoleh kebaikan padanya. Maka sebutlah nama Allah (ketika kamu akan menyembelihnya) dalam keadaan berdiri (dan laki-laki telah terikat). Kemudian apabila telah rebah (mati) maka makanlah sebagiannya dan berilah makan orang yang merasa cukup dengan apa yang ada padanya (tidak meminta-minta)  dan orang yang meminta. Demikianlah Kami tundukan (unta-unta itu) untukmu agar kamu bersyukur.” (QS. Al-Hajj:36)

Halaman:

Editor: Saiful Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Cara Mengatasi Handphone Lemot,

Selasa, 28 Juni 2022 | 22:15 WIB
X