Posisi Planet Jupiter 26 September 2022 Terdekat dengan Bumi, Siklus 59 tahun Terulang Setelah Oktober 1963

- Rabu, 21 September 2022 | 09:58 WIB
Teleskop James Webb merilis gambar spektakuler Bintik Merah Besar dan Cahaya Aurora Planet Jupiter (NASA, ESA, CSA, Jupiter ERS Team; image processing by Judy Schmidt)
Teleskop James Webb merilis gambar spektakuler Bintik Merah Besar dan Cahaya Aurora Planet Jupiter (NASA, ESA, CSA, Jupiter ERS Team; image processing by Judy Schmidt)

 

AYOMALANG.COM -- Penantian 59 tahun posisi jupiter paling dekat dengan bumi berakhir pada September 2022.

Terakhir kali posisi planet paling besar di tata surya, jupiter, terdekat ke bumi pada Oktober 1963. Posisi paling dekat jupiter dengan bumi diyakini pakar antara 25-26 September 2022.

Sebagaimana dikutip AyoMalang.com dari space.com, jupiter atau disebut sebagai planet gas raksasa itu akan berhadapan langsung dengan matahari jika dilihat dari bumi.

Baca Juga: Ingin Selamatkan Bumi? Inilah Langkah Cepat Untuk Hapus Email dan Matikan Notifikasi

Dalam pengaturan astronomi dikenal sebagai oposisi. Oposisi hal biasa bagi jupiter, terjadi setiap 13 bulan sekali. Jupiter dan mumi melakukan pendekatan terdekat kira-kira setahun sekali.

Susunan melihat bumi di antara matahari dan jupiter jarang bertepatan dengan pendekatan terdekat. Namun pada kesempatan ini, pendekatan terdekat pada Minggu 25 September 2022.

Sedangkan oposisi terjadi sehari setelahnya Senin 26 September 2022. Akibatnya, planet gas raksasa tersebut akan menjadi sangat terang dan besar di langit.

Jupiter menawarkan kesempatan unik untuk melihat fitur-fiturnya. Pengamatan langit pakai teropong atau teleskop kecil harus dalam posisi utama jupiter beberapa hari di sekitar dua tonggak.

Baca Juga: Pemanasan Global Menjadikan Siklus Air Bumi Ekstrem

Halaman:

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Sumber: Space.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X