Hujan Deras Di Korea Selatan Merendam kota Seoul, 8 Orang Dilaporkan Tewas

- Selasa, 9 Agustus 2022 | 14:02 WIB
Banjir di Korea Selatan (Siti Maryam Purwoningrum)
Banjir di Korea Selatan (Siti Maryam Purwoningrum)

AYOMALANG.COM — Hujan deras mengguyur wilayah ibu kota Korea Selatan pada Senin (8/8/2022) kemarin, merendam jalan-jalan di distrik Gangnam yang makmur di Seoul menjadi seperti sungai. Sedikitnya delapan orang tewas dan enam orang lainnya hilang.

Bencana Banjir ini adalah yang terbesar dalam 80 tahun terakhir.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Hubungan Indonesia dan Korea Sudah 'Mesra' Sejak Dulu, Sebelum Hallyu Wave

Dilansir dari Associated Press, Komuter perlahan kembali bekerja Selasa pagi (9/8/2022) setelah kru darurat bekerja semalaman untuk membersihkan banyak kekacauan.

Tetapi ada kekhawatiran tentang kerusakan lebih lanjut karena hujan lebat diperkirakan terjadi untuk hari kedua berturut-turut.

Sementara sebagian besar layanan kereta bawah tanah wilayah metropolitan Seoul kembali beroperasi normal, puluhan jalan dan tempat parkir tepi sungai tetap ditutup karena masalah keamanan.

Presiden Yoon Suk Yeol meminta pengusaha publik dan perusahaan swasta untuk menyesuaikan jam perjalanan mereka dan mendesak tindakan agresif dalam memulihkan fasilitas yang rusak dan mengevakuasi orang di daerah berbahaya untuk mencegah korban jiwa lebih lanjut.

Moon Hong-sik, juru bicara Kementerian Pertahanan Seoul, mengatakan militer siap mengerahkan pasukan untuk membantu upaya pemulihan jika diminta oleh pemerintah kota atau daerah.

Hujan mulai Senin pagi dan meningkat hingga sore hari. Hampir 800 bangunan di Seoul dan kota-kota terdekat rusak sementara sedikitnya 790 orang terpaksa mengungsi dari rumah mereka, kata Kementerian Dalam Negeri dan Keselamatan.

Halaman:

Editor: Saiful Anwar

Sumber: Yonhap News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X