Penting Mana Antara Dana Pensiun vs Dana Pendidikan Anak, Begini Win-win Solution Menurut 2 Financial Planner

- Senin, 23 Januari 2023 | 14:22 WIB
Ilustrasi saran perencana keuangan atau konsultan keuangan dalam menyeimbangkan dana pendidikan dan dana pensiun (Freepik)
Ilustrasi saran perencana keuangan atau konsultan keuangan dalam menyeimbangkan dana pendidikan dan dana pensiun (Freepik)

AYOMALANG.COM -- Orang tua muda yang sedang berada pada fase produktif kerap dilanda dilema. Mereka dihadapkan dua pilihan sama-sama penting.

Yaitu, antara mendahulukan dana pendidikan untuk anak atau justru mengutamakan dana pensiun? Idealnya keduanya berjalan seiringan.

Sembari menabung untuk pendidikan anak juga menyiapkan dana pensiun untuk diri sendiri. Namun, di kehidupan nyata justru sering tidak sejalan dengan idealisme yang diinginkan.

Ini karena beberapa faktor penyebab. Lalu kalau sulit untuk melakukan keduanya berbarengan, maka sebaiknya mana yang harus didahulukan?

Baca Juga: Telur Dadar Tomat, Resep Sarapan Sehat Cepat Ringkas dan Ekonomis Ala Chef Devina

Sebagaimana dikutip dari Prita Hapsari Ghozie, seorang financial planner dalam postingan yang diunggah akun Instagram @pritaghozie pada Senin 23 Januari 2023, gagal persiapan dana pensiun membawa dampak lebih besar dibandingkan dana pendidikan yang terbatas.

Akibat tidak menyiapkan dana pensiun dengan baik akan membuka peluang menciptakan sandwich generation bagi anak-anak kita kelak.

Yang pasti akan lebih menyulitkan bagi kehidupan mereka nantinya. Namun, ada kondisi-kondisi tertentu yang membuat mendahulukan dana pendidikan menjadi lebih prioritas.

Meski dua-duanya, juga dana pensiun, sama-sama penting. Antara lain jika:

Halaman:

Editor: Suryo Eko Prasetyo

Sumber: instagram @pritaghozie, Instagram @annisast

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X