Lokasi Alternatif Berwisata Melihat Komodo Dengan Tarif Normal, Coba Kunjungi 2 Pulau Ini!

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 14:06 WIB
Gambar Komodo di Pulau Rinca (Gambar diambil dari  FB Ke Ye)
Gambar Komodo di Pulau Rinca (Gambar diambil dari FB Ke Ye)

AYOMALANG.COM—Kebijakan pemerintah yang menetapkan tarif masuk sebesar 3, 75 juta Rupiah untuk masuk ke Taman Nasional Komodo dan Pulau Padar menimbulkan polemik.


Untuk Berwisata melihat kadal besar dari jaman prasejarah tersebut sambil menikmati alam Nusa Tenggara Timur, Anda tidak hanya dapat berkunjung pusat konservasi yang berada di Taman Nasional Komodo dan Pulau Padar saja.


Lokasi alternatif lainnya untuk berwisata melihat Komodo, Anda dapat berkunjung ke Pulau Rinca dan Gili lawang dengan tarif masuk yang normal yaitu berkisar 25 ribu sampai 50 ribu rupiah per orang.


Dikutip dari Wikipedia, Pulau Rinca adalah pulau kecil yang jaraknya dekat sekali dengan Pulau Komodo. Tidak hanya dapat melihat Komodo, di dalam pulau ini Anda juga dapat melihat beraneka ragam jenis burung, babi liar dan juga kerbau yang sering menjadi santapan bagi Komodo.

Baca Juga: Pekerja Pariwisata Mogok Karena Kenaikan Harga Taman Nasional Komodo Rp3,75 Juta


Pulau ini dijaga oleh satuan POLISI RINCA yang dikepalai oleh Edy Sudrajat, yang merupakan warga sekaligus penggiat wisata di Pulau Rinca.


POLISI RINCA salah satu tugasanya adalah bertanggung jawab terhadap bertanggung jawab terhadap kelestarian komodo di Nusa Tenggara Timur khususnya di Pulau Rinca.


Untuk sampai ke Pulau Rinca, Anda dapat menyewa kapal ataupun menggunakan jasa agen perjalanan dari Labuan Bajo. Perjalanan yang dibutuhkan untuk sampai ke Pulau Rinca dari Labuan Bajo selama 2 jam dengan jalur laut.


Sesampainya di Pulau Rinca, kapal akan berlabuh di dermaga Loh Buaya, Pulau Rinca.
Pulau lainnya untuk melihat Komodo adalah di dalam Gili Lawang, Gili yang dalam bahasa Lombok berarti pulau kecil itu mempunyai populasi Komodo yang tidak sebanyak jika kita melihatnya di Pulau Rinca, Pulau Padar, atau Pulau Komodo.

Halaman:

Editor: Saiful Anwar

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X